How to improve your TOEFL SCORE

Jaman sekarang sih sebenernya anak – anak kecil aja udah pinter banget bahasa inggrisnya, anak SMA sekarang aja juga TOEFL mereka mungkin udah 600an, tapi ga sedikit juga untuk orang – orang yang lagi cari kerja atau lagi tes – tes masuk kuliah s2 yang kesulitan di tes TOEFL nya.
Ada cara mudah sih sebenernya yaitu ikut kursus TOEFL PREPERATION, ini banyak ditemuin ditempat les – les inggris bisa kamu googling aja, dan jangka waktu nya juga ga terlalu lama biasanya 2 bulan atau 3 bulan atau bisa ada yang lebih cepet sih. Tapi tentunya karena kita ikut institusi otomatis harus bayar dan yaa beragam sih harganya kalo gw sendiri waktu itu ikut dari kursus toefl preperation di kampus gw sekitar 3 jutaan selama 2 bulan, 3 kali seminggu. Tapi waktu justru setelah ikut toefl preperation, score gw cuma 486, Nah dari sinilah gw ngerasa masa sih gw ga bisa lebih baik lagi, akhirnya gw pun belajar sendiri.
TOEFL ITP itu terdiri dari Listening Comprehension, Structure and Writing Expression dan Reading Comprehension, gimana cara belajarnya? oke kita bahas satu persatu ya.
1. Listening Comprehension
Listening Comprehension kan terdiri dari percakapan, berarti kita harus membiasakan diri untuk mendengarkan orang ngobrol. Kamu bisa melatih ini dengan banyak nonton film tanpa subtitle, awal nya pake subtitle tapi setelah 2 atau 3 kali ya ga usah lagi biar terbisa. Mungkin biar ga cepet bosen kamu bisa coba nonton film seri seperti new girl, criminal minds, atau nonton talk show seperti ellen degeneres, dan sebagainya. Pakai headset biar kamu lebih jelas dengernya, dan dengerin sampai kamu bener – bener ngerti apa yang mereka omongin dan terbiasa.
2. Structure and Writing Expression
Kalo ini kamu harus bener – bener baeljar dan baca buka tentang grammar dan structure, baca berulang berulang 3 – 4 kali biar semua yang di buku itu kamu pahami dan masuk di alam bawah sadar kamu, karena ga gampang juga sih untuk ngafalin present tense, past tense dan sebagainya.
3. Reading Comprehension
Beli novel bahasa inggris yang sesuai dengan selera lo, dan BACA SAMPAI HABIS, harus sampai habis dan setiap kata yang kamu ga tau artinya, kamu tandain dan liat di kamus, ini akan nambah vocabulary dan kamu jadi terbiasa baca. Karena kalau tidah terbiasa baca, udah pasti sih kamu bakal bosen banget baca paragraf-paragraf yang ada di test toefl.
2295
Nah ini adalah beberapa buku yang udah gw baca, beragam penulisnya tapi secara garis besar sih ceritanya drama hahaha…
Kurang lebih begitulah cara gw mengimprove toefl score gw dari yang cuma 486 menjadi 507, dan target selanjutnya gw pingin mengimprove lagi paling ngga jadi 600… PASTI BISA!! HARUS BISA!!,,, dan untuk kalian – kalian yang mengimprove toefl score juga semangat ya.. kalo sekali kurang memuaskan ya coba lagi!!..

 

if you can dream it, then you can do it – walt disney

Leave a Reply

