Aktivitas Bernila di Waktu Luang

Menganggur atau sedang mencari pekerjaan bukan berarti kamu membiarkan diri kamu tenggelam dengan segala kesedihan tanpa harapan atau merasa bisa punya alasan untuk bermalas – malasan sepanjang waktu. Justru kamu harus mem-push diri kamu sampai melewati limit kamu, coba menggali apa sih kemampuan kamu, dan menemukan kemampuan baru kamu untuk kamu manfaatkan.

Disini aku share beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menjadi option kamu dalam mencari aktivitas bernilai di waktu luang, yang mungkin ga cuma hanya berfungsi untuk “mengisi waktu” tapi juga menambah nilai kamu.

1. BISNIS

Jaman sekarang sebenernya bisnis itu gampang banget memulainya, yang harus kamu benar- benar pikirkan adalah konsep dan kualitas barang yang. Untuk modal sebenarnya bisa disesuaikan, kalo modal kecil mungkin kamu bisa mulai dari jualan hal yang simpel seperti jilbab, baju atau aksesoris yang kecil, bisa juga makanan. Untuk promosi sendiri sudah banyak banget jalan yang bisa di coba, bisa melalui endorse di instagram, facebook ad, promosi di timeline dan sebagainya, tinggal strategi kamu untuk promosi dan sesuai modal. Endorse sendiri ada juga kok yang gratis, tapi mungkin memang dalam menarik followers ga terlalu banyak, bisa juga sih kamu endorse teman kamu yang emang banyak followernya itung – itung fotonya bisa kita pajang di socmed dagangan kamu buat jadi model.

2. LES/TRAINING

Kalau yang inii sebenernya banyaaaaaaaaaaaaaaaak banget yang bisa kamu pilih, tergantung dari passion dan minat kamu apa. Tapi kalo kamu butuh pencerahan untuk menambah pilihan , kamu bisa cari short course atau les yang diadain oleh kampus kampus yang terakreditasi baik seperti binus kalo kamu pingin nambah nilai kamu di bidang teknologi, kamu tinggal buka aja di website mereka http://www.binuscenter.com disitu banyak banget pilihan mulai dari pemrograman, web design, juga ada bahasa mandarin, jepang dan masih banyak lagi. Pilihan lain lagi adalah Universitas indonesia, disini yang saya sendiri minat adalah les Akuntansi keuangannya (http://ppa-feui.com/pelatihan-reguler/akuntansi-keuangan/) yang bisa diikuti oleh kamu yang bukan dari basic akuntansi.

3. ONLINE FREE COURSE

Online free course yang sudah saya coba adalah edx.org, disini banyak banget course yang bisa kamu ikutin dan course nya juga diselenggarakan oleh kampus ternama dari seluruh dunia (harvard, columbia, etc.) dan untuk course nya sendiri memang bisa free atau bayar, tapi yang membedakan hanya sertifikat nya aja dan untuk proses course nya sendiri sama. Mulai dari tentang aerospace, supply chain, bahasa mandarin, bahasa inggris semua ada.

4. OLAHRAGA

ini juga faktor penting sih, karena saat kamu punya banyak banget waktu luang kamu akan cenderung ga banyak bergerak tapi banyak makan, jadi olahraga tetep harus kamu lakuin untuk menjaga berat badan kamu agar saat harus kerja lagi kamu tetep oke!! dan sehat tentunya.

5. last but most important BERIBADAH

ini juga pastinya akan menambah nilai kamu, untuk agama ya. Saat keadaan seperti ini yakin deh ibadah kamu lah yang paling menguatkan kamu.

Tetap semangat dan jangan menyerah, tetap isi hari – hari kamu dengan hal yang bermanfaat, bantu orang tua dirumah dan ikut kegiatan sosial juga termasuk kegiatan bermanfaat loh, jadi jangan jadikan alasan kalau berbuat baik untuk dirimu sendiri itu suli ya.

DO GOOD AND GOOD WILL COME TO YOU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s